Skip to main content

Apa itu Sinematografi?

sumber gambar : https://encrypted-tbn2.gstatic.com
Kali ini kita akan membahas istilah SINEMATOGRAFI. Apa sih sinematografi itu? 
Menurut Wikipedia 
"Sinematografi adalah ilmu terapan yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan sekaligus menggabung - gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang memiliki kemampuan menyampaikan ide dan cerita."

Sinematografi (cinemathography) merupakan ilmu yang mempelajari seputar dunia perfilman.
Pengertian secara harafiah film Cinemathography berasal dari kata Cinematho atau phytos yang berarti cahaya dan graphie atau grahp yang berarti tulisan atau gambar.
Film merupakan produk sinematografi. Pengertian film sendiri yaitu lapisan - lapisan cairan selulosa atau biasa dikenal seluloid oleh para sineas.
Orang yang bertanggung jawab semua aspek visual dari pembuatan film disebut sebagai sinematografer.
Sinematografer juga merupakan kepala bagian departemen kamera, departemen pencahayaan dan Grip Departement. Sinematografer sering disebut juga sebagai Director of Photography atau disingkat DoP.
Pada industri perfilman, Sinematografer atau DoP akan dibantu oleh sebuah tim yang terdiri atas :  
  1. 1st Camera Assistant, bertugas mendampingi dan membantu semua kebutuhan shooting mulai dari pengecekan alat - alat hingga persiapan sebuah shot.
  2. Focus Puller, bertugas membantu sinematografer dalam memutar focus ring pada lensa sehingga subjek yang diikuti kamera bisa terus dalam area fokus. 
  3. Camera Boy, seorang asisten kamera yang bertugas membawa kamera atau mempersiapkan kamera mulai dari tripods hingga memasang kamera pada tripods tersebut.
  4. Grip, bertugas untuk memastikan letak kamera seperti yang diinginkan DoP baik secara level atau tinggi rendahnya. Grip juga bertanggung jawab dalam perpindahan kamera artinya Grip departemen yang memasang dollu track dsb
  5. Gaffer, seseorang yang bertanggung jawab atau kepala departemen pencahayaan. Gaffer akan berdiskusi dengan DoP tentang warna, jenis cahaya dan gaya tata cahaya DoP tersebut.
  6. Lightingman, orang - orang dalam departemen pencahayaan yang bekerja menata lampu sesuai dengan perintah Gaffer dan kemauan DoP.
 Seorang sinematografer harus mengenal dan memahami alat - alat yang akan dipakai dalam pembuatan sebuah film.

Sekian informasi seputar Sinematografi. Semoga bermanfaat. Salam Sinema!

 sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sinematografi

Comments

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai artikel diatas
*komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi dan SARA

Popular posts from this blog

Teknik Pengambilan Gambar (Kameramen)

Di postingan sebelumnya kita sudah mempelajari anggota kru film. Nah, salah satunya adalah kameramen. Pada postingan kali ini kita akan membahas Teknik Pengambilan Gambar. Syarat menjadi seorang kameramen salah satunya adalah menguasai dan memahami teknik teknik pengambilan gambar. Jadi, seperti apa sih teknik pengambilan gambar yang harus dikuasai oleh kameramen itu? Simak baik baik,ya..     Cara pengambilan Gambar Bird Eye View   Bird Eye View yaitu teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada diatas obyek (kamera lebih tinggi dari objek) sehingga hasilnya akan terlihat lebih luas. High Angel  High Angel yaitu teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan sudut pengambilan diatas objek sehingga objek akan terlihat lebih kecil. Low Angel  Low Angel yaitu teknik pengambilan gambar yang dilakukan sudut pengambilan dari arah bawah sehingga objek akan terlihat lebih besar. Teknik Low Angel ini akan memberikan kesan kewibawaan, kuat, dan dominan. Eye

Mengenal Bagian - Bagian Kamera

sumber gambar : https://materimultimediasmk.files.wordpress.com Siapa sih yang nggak tau yang namanya kamera ? Pada dasarnya kamera merupakan salah satu alat bantu dalam dunia sinematografi. Meskipun kamera hanya merupakan alat bantu atau tools saja, sebagai sinematografer yang baik kita juga harus mengenal dan memahami jenis dan bagian dari kamera itu sendiri.  Dilihat dari penggunaan bahan bakunya kamera dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :   Motion Picture Camera (kamera dengan bahan baku seluloid baik 35mm/16mm) Contohnya, Arriflex 435 Xtreme - 35 mm camera Video Camera (kamera dengan bahan baku video tape) Contohnya, Sony HDV Video Camcorder Digital Camera (kamera dengan bahan baku digital.tapeless) Contohnya, Sony EX3 - Digital Camcorder Setelah mengenal jenis - jenis kamera, kita akan mengenal bagian - bagian kamera. Apa aja sih bagian - bagian kamera? Lens (Lensa) Lensa atau yang biasa dikenal dengan mata kamera pada dasarnya memiliki prinsip sama seperti mata

Film Crew (Kru Film)

Sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/ Kru film? Pasti udah nggak asing lagi kan di telinga kalian. Jadi apa sih kru film itu? Yaps, kru film yaitu sekelompok orang yang dipekerjakan perusahaan produksi untuk membuat sebuah film. "Sama aja kayak pemeran dong?" Jelas beda! "Bedanya apa?" Bedanya, kalau kru film itu tugasnya dibalik layar sedangkan pemeran yaitu aktor/aktris yang tampil di depan kamera. Nah, pada postingan kali ini kita bakal membahas siapa saja sih kru film itu. Simak baik - baik ya. Produser Produser yaitu orang yang bertanggungjawab atas proses pembuatan film dari awal hingga akhir. Jadi produser merupakan penanggung jawab terhadap jalannya proses pembuatan film. "Trus bedanya sama sutradara?" Sebenarnya Produser dengan Sutradara itu hampir sama. Bedanya, produser lebih terlibat dalam pra produksi sedangkan sutradara lebih terlibat pada saat pelaksanaan produksi. Sutradara Sutradara yaitu orang yang bertugas mengatur atau